Cara UsahaSolusi Masalah Kantor

Tips Mengelola Keuangan Pada Usaha Kecil Anda

modal usaha

Apa tujuan utama Anda saat memulai bisnis kecil-kecilan? Keuntungan atau keuntungan yang aman Untuk mencapai ini, Anda perlu memahami dasar-dasar manajemen keuangan usaha kecil. Ketika sebuah perusahaan memiliki manajemen keuangan yang baik, Anda dapat mengelola uang Anda dengan bijak dan konsisten. Salah satu penyebab terbesar kegagalan bisnis adalah salah urus keuangan. Untuk itu, sangat penting untuk mempelajari manajemen keuangan usaha kecil, terutama bagi usaha kecil dan menengah, terutama bagi pemula yang baru memulai usaha.

Cara Mengelola Uang Pada Usaha Kecil Anda

  1. Keuangan Perusahaan Terpisah

Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah memisahkan bisnis dan keuangan pribadi Anda. Sangat mudah untuk membuat akun yang membedakan antara kebutuhan pribadi dan bisnis. Akun dipisahkan untuk menghindari pencampuran keuangan di dua area yang berbeda ini. Anda tidak perlu kesulitan memulai bisnis. Ketika bisnis dimulai dan Anda mendapatkan banyak penawaran, Anda akan bingung. Risiko terbesar adalah uang perusahaan bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi. Hal sebaliknya bisa terjadi. Dana pribadi bisa terkuras karena digunakan sebagai modal usaha tanpa sepengetahuan Anda. Bahkan, Anda bisa menggunakan keuntungan perusahaan untuk keperluan pribadi. Namun perlu diingat bahwa uang yang dikeluarkan adalah laba bersih, namun bukan berarti Anda bisa menggunakan akun untuk tujuan yang berbeda.

  1. Rencanakan Budget Usaha

Persiapan pertama dilakukan dengan membuat akun trading khusus. Langkah selanjutnya adalah membuat rencana anggaran, dengan kata lain Anda perlu membuat rencana pengeluaran dan target pendapatan yang terperinci. Untuk memudahkan Anda. Anda bisa mulai dengan ukuran terkecil. Yaitu membuat rencana keuangan harian. Cobalah untuk mewujudkan rencana tersebut. Jika semuanya baik-baik saja maka buat mingguan, bulanan, dll. Jika bisnis Anda telah berjalan dengan baik untuk waktu yang lama. Anda dapat merencanakan keuangan Anda dalam skala yang lebih besar, misalnya setiap tahun. Rencana keuangan atau anggaran dapat digunakan sebagai acuan pengembangan usaha, sedangkan rencana anggaran juga dapat digunakan sebagai sarana evaluasi.

Artikel Lainya : Cara Mendapatkan Keuntungan Besar Dalam Modal Minim

  1. Bayar Tagihan Anda tepat waktu

Properti biasanya disewakan secara bulanan atau tahunan saat melakukan bisnis. Jika Anda juga menyewa tempat, bayar sewa sebelum tanggal jatuh tempo. Pengeluaran Lain Beberapa hal yang mungkin harus Anda bayar termasuk listrik, Internet, atau layanan Wi-Fi. Lebih baik membayar tagihan dan terlambat. Jika Anda membayar sebelum tanggal jatuh tempo, Anda akan dikenakan sanksi. Selain biaya tinggi, keterlambatan pembayaran dapat merusak reputasi pribadi dan profesional Anda. Anda tidak ingin itu terjadi, bukan? Beberapa layanan juga akan ditangguhkan jika Anda membayar biaya keterlambatan, seperti layanan internet dan aplikasi berbayar. Ini akan menghambat bisnis Anda.

  1. Catat Semua Pengeluaran

Masih relevan dengan masalah sebelumnya, penting bagi pemilik bisnis untuk mencatat semua arus kas untuk memastikan bisnis tetap berjalan sesuai rencana. Catat semua pemasukan dan pengeluaran. Walaupun harganya sangat kecil. Pekerjaan ini membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Jika pendaftaran ini dilakukan secara manual ada risiko tinggi. Kami menyarankan untuk menyiapkan aplikasi khusus yang dapat membantu Anda melakukan ini. Belakangan ini banyak sekali aplikasi yang membantu pengusaha mengelola keuangannya. Ada aplikasi berbayar dan banyak yang gratis. Kamu bisa memilih.

  1. Hitung dengan jelas Untung dan Rugi

Langkah sebelumnya akan membuat langkah keempat lebih mudah bagi Anda. Dana perusahaan terkonsentrasi dalam satu akun. Dan semua transaksi di akun ini secara otomatis ditautkan ke bisnis. Anda tidak perlu khawatir tentang ini lagi. Selain itu, pencatatan semua arus kas menyederhanakan perhitungan jumlah total masuk dan keluar. Jika semua uang keluar lebih banyak, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari perdagangan, di sisi lain, Anda bisa mendapatkan keuntungan jika uang yang Anda hasilkan lebih banyak.

  1. Gunakan Modal Keuntungan

Tahukah Anda bahwa sebagian besar bisnis dimulai dari yang kecil? Ini berarti bahwa bahkan bisnis kecil yang Anda mulai sekarang memiliki potensi untuk pertumbuhan di masa depan. Yang utama adalah meningkatkan modal secara bertahap.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.