Cara UsahaSolusi Masalah Kantor

5 Alasan Mengapa Pengalaman Kerja Itu Penting

Mendapatkan pengalaman kerja adalah bagian penting dari memulai karir Anda sebagai orang dewasa muda. Semakin awal Anda mulai memperoleh pengalaman untuk resume Anda, semakin baik. Kedengarannya sulit dan akan membutuhkan usaha, tetapi Anda dapat memulai bahkan saat Anda masih mahasiswa!

Pengalaman kerja tidak hanya terbatas pada waktu yang dihabiskan sebagai karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan. Anda bisa mendapatkannya dengan magang, bekerja dengan keluarga atau lepas. Saya tahu bahwa gagasan untuk mulai bekerja lebih awal tampaknya menjijikkan, tetapi inilah alasan kami mengapa itu harus menjadi prioritas Anda.

 

1. Pergi ke Tempat Di Luar Pendidikan Anda

Jika mendapatkan gelar universitas mengajarkan Anda semua yang perlu Anda ketahui untuk sukses dalam hidup, kita tidak akan mendengar kisah sukses dari drop-out dan non-lulusan seperti Steve Jobs, Rachael Ray, dan Sir Richard Branson. Keluar dan mendapatkan pengalaman adalah cara yang pasti untuk belajar lebih banyak.  Itu tidak berarti mendapatkan pendidikan tidak berguna (itu suatu keharusan dalam beberapa profesi), tetapi itu tidak mengajarkan Anda segalanya.

Kursus tidak secara langsung mengajarkan soft skill yang penting untuk dunia nyata. Anda belajar berkomunikasi dari berada di lingkungan sekolah itu sendiri, bukan dari kelas yang diajarkan. Anda belajar manajemen waktu dari menyulap tugas dan hobi, bukan dari profesor dan dosen itu sendiri. Jenis keterampilan ini adalah keterampilan yang dapat Anda pelajari dan kembangkan di dunia nyata, di lingkungan kerja, bukan di ruang kelas. Selanjutnya, Anda mempelajarinya dalam konteks tempat kerja. Anda dapat belajar banyak dari mengikuti kelas, tetapi jangan meremehkan seberapa banyak yang dapat Anda pelajari di luar kelas juga.

2. Aplikasi Praktis Buktikan Kompetensi Anda

Secara hipotetis, katakanlah Anda hidup di dunia yang sempurna di mana pendidikan telah mencakup semua yang Anda butuhkan untuk belajar agar berhasil di tempat kerja. Besar! Namun, mampu melakukan sesuatu di ruang kelas bukanlah segalanya dan akhir dari segalanya. Sama seperti bagaimana berlatih berbicara di depan umum di kelas 20 sangat berbeda dengan melakukannya dengan audiens 200 orang asing, sebenarnya menerapkan apa yang telah Anda pelajari adalah tingkat yang sama sekali berbeda.

Pengalaman kerja memberi Anda kesempatan untuk menerapkan keterampilan Anda. Apa yang telah Anda lakukan kemudian dapat dimasukkan ke dalam resume Anda untuk memajukan karir Anda. Memulai terjun pertama Anda ke dunia kerja lebih awal juga memungkinkan Anda menggunakan masa muda Anda untuk keuntungan Anda. Kemungkinan pekerjaan pertama Anda akan terutama tentang belajar bekerja sebanyak bekerja itu sendiri. Biarkan diri Anda membangun kepercayaan diri tentang kemampuan Anda di tempat kerja untuk kemajuan dalam pekerjaan masa depan dan peluang karir!

Artikel Terkait: 5 Ide Bisnis Yang Potensial Di Masa Depan

3. Maju di Pasar Kerja yang Kompetitif

Pasar kerja untuk milenium yang lulus sangat buruk di banyak tempat. Banyak lulusan universitas menemukan diri mereka dengan gelar dan tidak ada pekerjaan. Masalah diperparah jika mereka memiliki utang mahasiswa juga. Jika suatu posisi membutuhkan pengalaman, Anda tidak dapat melamar tanpanya. Jika suatu posisi tidak, Anda kemungkinan akan kalah melawan kandidat yang lebih berpengalaman.

Mendapatkan pengalaman kerja apa pun akan membantu Anda menonjol. Terutama di bidang yang lebih kompetitif atau jika menurut Anda bagian lain dari resume Anda lebih lemah. Magang juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan posisi penuh waktu juga setelahnya. Jika Anda cocok dan memberikan hasil sebagai pekerja magang, kemungkinan besar Anda akan dipekerjakan untuk terus bekerja di sana. Tentu saja, ada cara untuk mengatasi kurangnya pengalaman dengan mencari pekerjaan melalui saluran lain, seperti jaringan. Namun, manfaat memiliki pengalaman kerja yang sebenarnya di bawah ikat pinggang Anda tidak dapat disangkal, terutama untuk poin berikutnya.

4. Pengusaha Menginginkan Orang Berpengalaman

Uang diperlukan untuk membayar hal-hal yang kita butuhkan untuk hidup, oleh karena itu uang merupakan faktor penting dalam hidup kita. Mari kita hadapi itu, intinya bagi kebanyakan orang adalah: Bagaimana saya mendapatkan cukup uang untuk bertahan hidup? atau Bagaimana saya mendapatkan pekerjaan sehingga saya dapat menghasilkan uang? Bagi mereka yang tidak wiraswasta atau bergantung, mendapatkan pekerjaan sangat penting.

Untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat, Anda harus memiliki apa yang diinginkan dan dialami oleh pemberi kerja. Memberikan persis itulah yang membuat resume Anda melewati penyaringan, mengamankan Anda wawancara dan mudah-mudahan, posisi pekerjaan yang Anda idamkan. Sayangnya, jika Anda kehilangan sesuatu dari resume Anda, ada kemungkinan majikan akan membuangnya tanpa berpikir dua kali. Sulit untuk ditolak tanpa diberi kesempatan untuk membuktikan diri, tetapi proses kerja adalah tentang eliminasi. Cara terbaik untuk melewatinya adalah dengan tidak memberi mereka alasan untuk melenyapkan Anda.

 

5. Beri Diri Anda Kesempatan untuk Pengembangan Pribadi

Sementara semua alasan di atas adalah alasan bagus untuk mendapatkan pengalaman kerja, alasan terbaik dari semuanya adalah melakukannya sendiri. Jika Anda berpikir: Mengapa saya ingin mulai bekerja? Bagaimana ini menguntungkan saya secara pribadi? Pertama-tama, Anda bisa mencoba mengalami karir pilihan Anda. Anda dapat mencari tahu apa yang Anda nikmati atau tidak nikmati dan manfaatkan pengetahuan itu untuk menemukan pekerjaan masa depan yang lebih cocok.

Kedua, Anda memberi diri Anda kesempatan untuk mencoba hal-hal baru. Beberapa hal hanya dapat benar-benar dipelajari dari aplikasi langsung. Ketiga adalah jaringan yang Anda bangun untuk diri sendiri dengan teman, kolega, dan kenalan baru yang Anda temui. Pengembangan pribadi tidak selalu terjadi dalam isolasi. Terakhir adalah kepuasan yang Anda dapatkan dari memperbaiki diri sendiri. Pada akhirnya, Anda harus merasakan pencapaian pribadi dari apa yang telah Anda capai.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.